12 JENIS VAKSIN DIPALSUKAN



Bagikan Berita ini!

image

LIDIK – JAKARTA – Nama sejumlah klinik yang ditengarai sebagai tempat penyebaran vaksin palsu beredar melalui media sosial. Namun, tak ada konfirmasi resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Klinik yang tersebar di sosial media dan ditengarai sebagai lokasi peredaran virus palsu itu ada empat klinik dan satu apotek di Pekanbaru, satu apotek dan tiga klinik di Palembang, dua rumah sakit di Lampung, sembilan rumah sakit dan dua klinik di Serang, dua klinik dan satu bidan di Jakarta, satu rumah sakit, dua klinik dan tiga bidang di bandung, dua klinik di Surabaya, satu apotek di Pangkal Pinang, satu klinik dan apotek di Batam.

Meski begitu, dalam situs resminya, BPOM hanya merilis lima daerah yang menjadi penyebaran vaksin palsu. Sedang 12 vaksin yang dipalsukan adalah:
1. Engerix B
2. Pediacel
3. Eruvax B
4. Tripacel
5. Vaksin PPDRT23
6. Vaksin Penta Bio
7. Vaksin TT
8. Campak
9. Hepatitis
10. Polio bOPV
11. BCG
12. Harvix

BPOM menjelaskan vaksin yang tak sesuai persyaratan itu beredar sejak 2008. Saat itu, pelaku menjual vaksin yang telah melewati batas kadaluwarsa.

Selanjutnya vaksin tak layak pakai beredar, termasuk laporan pembuatan vaksin oleh orang yang tak berwenang melakukan praktek kefarmasian.

Terakhir, suami istri yang memproduksi vaksin palsu. Keduanya sudah ditahan di Polda Metro Jaya. (*/yp)

Baca juga:   Terbang dari Pangkalpinang menuju Batam Pesawat Polri Jatuh Di Sekitar Perairan Lingga Kepri
About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 2998 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini