Menu MENU
Home » Daerah » 19 Warga Binaan Rutan Kelas IIb Lirung Dapat Remisi di HUT RI Ke 72

19 Warga Binaan Rutan Kelas IIb Lirung Dapat Remisi di HUT RI Ke 72

(348 Views) August 17, 2017 2:25 pm | Published by | No comment

Melonguane,LIDIK – Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip (SWM) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pemberian remisi kepada 19 warga binaan yang menghuni Cabang Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIb Lirung.

Remisi diberikan dalam rangka peringatan HUT Proklamasi RI ke- 72, Kamis (17/8).

Dikatakan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam sambutan yang dibacakan SWM, setiap narapidana mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa pidana. Sebab, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) merupakan bagian dari warga negara yang memiliki hak yang mesti dihormati dan dipenuhi. Penghormatan dan pemenuhan hak-hak tersebut harus dipertahankan dan diperjuangkan.

Salah satu hak yang dimiliki oleh WBP adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (remisi). Remisi merupakan hak yang telah diatur secara tegas dalam pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Melalui remisi ini juga dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat. Yang akan memperbaiki kualitas hubungan antara narapidana dengan keluarganya. Narapidana mempunyai kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai anggota keluarga. Dengan diberikannya remisi ini, mereka bisa lebih cepat melanjutkan kehidupan secara normal dengan keluarga,” ujar Menteri.

Lanjutnya, pemerintah berharap semua masyarakat mendukung program pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Seluruh jajaran pemasyarakatan kiranya melakukan pengawasan dan pembinaan secara terus menerus, melalui koordinasi aktif dengan stakeholder seperti BNN, kepolisian daerah, pemerintah daerah serta TNI. Mari bebas narkoba.

“Sebagai komitmen dalam upaya pemberdayaan WBP, pemerintah dalam hal ini kementerian hukum dan HAM terus berinovasi dengan mencanangkan program lembaga pemasyarakatan produktif,” katanya .

Secara khusus, SWM berpesan kepada narapidana yang belum mendapat remisi untuk bersabar.

“Masih ada kesempatan. Sebab setiap narapidana memiliki hak menerima remisi. Berlaku baiklah selama tinggal di rutan. Jadikanlah rutan sebagai tempat berpikir positif di masa depan. Di sini merupakan tempat untuk introspeksi diri untuk selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta,” pesan SWM.

Yudi Montoh, salah seorang narapidana mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan dua bulan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas pemberian remisi ini,” ucapnya.

(RK)

Tidak ada komentar untuk 19 Warga Binaan Rutan Kelas IIb Lirung Dapat Remisi di HUT RI Ke 72

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *