Anak Satpam Ini Bukti Nyata Masuk Polisi Tak Harus Pakai Uang



Bagikan Berita ini!

LIDIK – Semangat pantang menyerah ditunjukkan oleh seorang pemuda bernama Bayu Arsyifa Rahmadi. Meski sebelumnya telah gagal saat mengikuti tes masuk kepolisian, hal tersebut tak membuat Bayu patah semangat.

Tak tanggung-tanggung, bahkan Bayu telah gagal tes sebanyak delapan kali. Namun, akhirnya pada percobaannya yang ke sembilan Bayu berhasil dengan modal fisik dan mental yang dipersiapkan dengan matang termasuk mendalami soal-soal tertulis.

“Alhamdulillah walaupun tidak nyangka. Rata-rata saya tidak lolos di tes terakhir, ada juga pas pantohir,” ungkap Bayu di Mapolda Sumsel, Rabu (8/3/2017).

Dengan usahanya tersebut akhirnya Bayu berhasil lulus dan mendapatkan pangkat Bripda. Tak hanya itu saja, Bayu juga berhasil mendapatkan peringkat pertama dari 230 siswa, sementara saat pengumuman polisi dari jalur Bintara tahun 2016 lalu, posisi Bayu berada di urutan 215.

“Sebelum ikut tes tiap pagi lari, renang, olah raga begitu. Untuk akademiknya saya belajar terus, cari kesalahan kemarin,” ujarnya.

Dengan prestasi tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto, memanggil Bayu beserta kedua orangtuanya untuk menghadap. Hal ini membuat Abimanyu dan Endang, orangtua Bayu, bangga. Bayu mengaku tak menyangka meraih predikat itu.

Selama menempuh pendidikan, putra kedua dari seorang mantan sekuriti salah satu bank swasta di Palembang itu, dipercaya menjadi komandan resimen. Hal ini lantaran terlihat jiwa kepemimpinan yang dimilikinya.

“Tidak enak juga, sama-sama siswa tapi saya disuruh jadi komandan,” kata dia.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkapkan, Bripda Bayu menjadi contoh bagi masyarakat untuk tidak terperdaya dengan iming-iming oknum tertentu yang menjanjikan bisa meloloskan dengan permintaan sejumlah uang. Kecakapan dan kemampuan fisik serta mental menjadi prioritas untuk menjadi abdi negara.

Baca juga:   Gara gara Videonya Viral Di Medsos, Kapolres Karawang ini Dicopot

“Bayu ini jadi bukti, bisa masuk polisi tanpa mengeluarkan duit, jadi lulusan terbaik lagi. Ini bisa jadi pelajaran masyarakat yang ingin jadi polisi,” jelasnya.

Bc