Bupati Manalip Berhasil Mendaki Gunung Setinggi 864 Meter Dari Permukaan Laut



Bagikan Berita ini!

LIDIK – Bupati Kepaluan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE berhasil mendaki gunung tertinggi di Talaud tersebut. Walau ketinggian kurang lebih 864 meter, namun medan yang ditempuh cukup menanjak dan menantang.

Dalam pendakian perdana di Gunung Piapi, bupati manalip beserta rombongan mengunjungi tempat wisata kepala ular (Puang Katoan). Dinamakan kepala ular, karena bentuk batu menyerupai ular.

Di atas Gunung Piapi, rombongan melihat Pulau Nanusa, Kabaruan, Salibabu, dan Kecamatan Lobbo. Berbagai hal dilakukan bupati di puncak Gunung Piapi. Sebelum beranjak pulang, bupati mengajak seluruh rombongan untuk melakukan operasi semut. Mengangkat seluruh sampah plastik dan sebagainya. Dalam perjalanan pulang, saat menuruni tebing, bupati singgah di tempat wisata air terjun.

Bupati cantik ini mengatakan, kegiatan pendakian ini bertujuan melihat potensi wisata yang ada di Gunung Piapi. Juga meninjau secara langsung sisa-sisa kebakaran yang menghanguskan ribuan pohon di gunung ini. “Di sini ternyata potensi wisatanya menjanjikan. Air terjunnya sejuk. Saya berencana membangun salib di puncak gunung ini. Untuk pengembangan pariwisata, juga akan dibuat flying fox di sana. Intinya, pemerintah berusaha mengembangkan potensi wisata di seluruh wilayah di Talaud. Termasuk di Kecamatan Pulutan. Berterima kasih untuk semua masyarakat yang telah ikut mendaki bersama,” ujarnya.

Sementara itu, warga Kecamatan Pulutan Dikson Maatuil, mengaku senang bisa bertemu dengan bupati. Menurutnya, Bupati Talaud merupakan perempuan yang bernyali dan kuat. “Hebat. Satu-satunya bupati yang mendaki Gunung Piapi. Kami bangga. Terima kasih karena telah bersama dengan warga Pulutan,” katanya.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Adolf Binilang beserta jajaran, Pabung Mayor S Panaha, Kabandara Melonguane Fanani Zufri, dan Danlanal Melonguane Letkol Merinir Moh Maftukin turut serta mendaki.

Diketahui, Gunung Piapi adalah gunung tertinggi di Kepulauan Talaud. Dengan ketinggian kurang lebih 864 meter dari permukaan air. Pendakian akan memakan waktu kurang lebih 2–3 jam, dimulai dari Desa Pulutan.

Gunung Piapi memiliki beberapa tumbuhan eksotik. Dan dari puncak dapat dilihat pemandangan seluruh wilayah Kepulauan Talaud. Kawasan ini dapat ditempuh dengan mobil kurang lebih 15 menit dari Desa Pulutan sebelum mendaki.

Ketika berada di puncak gunung piapi Bupati manalip ternyata menanam sejumlah pohon dengan di dampingi sekda Adolf Binilang hal ini guna menghijaukan puncak gunung ini agar dapat bermanfaat bagi anak cucu kedepanya.  ( cv )