Bupati Tetty Paruntu Hadiri Rakornas Jakstranas Mengenai Pengolahan Sampah

Bagikan Berita ini!

Lidik.nen, Jakarta – Bupati Minahasa Selatan, DR.(HC) Christiany Eugenia Paruntu SE, bersama Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Kebijakan dan Strategi Nasional (Rakornas Jakstranas) mengenai pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, yang dilaksanakan pada Selasa 3 April 2018, bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Sekitar 2000 peserta diperkirakan menghadiri kegiatan Rakornas ini, dengan target para kepala daerah, baik itu Gunernur, maupun Bupati/Walikota menghadiri kegiatan ini.

Seperti diketahui, memasuki tahun 2008 pengelolaan sampah rumah tangga memasuki paradigma baru, dimana dari aspek ekonomi, menjadi sesuatu yang sangat diperhitungkan untuk dilakukan, oleh karena itu, pengelolaan sampah bukan saja hanya menjadintanggung-jawab dan dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), atau KemenPU-PR, tapi juha oleh seluruh Kementerian atau Lembaga.

Melaui Perpres Jakstranas ini, adalah suatu terobosan baru dalam pengelolaan sampah yang melibatkan seluruh stakeholder, untuk melakukan dan menjalankan pengelolaan sampah yang terintegrasi mulai dari sumber, sampai pada pemrosesan terakhir.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK hadir dan memsosialisasikan Perpres Nomor 97 Tahun 2017 ini, diantaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Memteri ESDM, Kepala Bappenas, dan Menteri BUMN.

Tahun 2025 nanti merupakan tahun Indonesia Bersih Sampah, dimana target pengelolaan sampah yang ingin dicapai adalah 100 persen sampah dapat terkelola dengan baik dan benar.

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, mengatakan bahwa terkait dengan kegiatan ini di Minsel sudah ada yang memanfaatkan sampah menjadi suatu yang bernilai ekonomi, dimana dengan adanya Bank Sampah, yang tentunya masyarakat dapat terbantu perekonomiannya, dan berharap semoga ini akan lebih ditingkatkan lagi, hingga menggapai disetiap kecamatan bahkan desa di Minahasa Selatan.

Baca juga:   Bupati Minahasa Selatan Terima Penghargaan ”Terbaik’ APN RKPD Provinsi Tahun 2015 Dari Pemerintah Pusat

(anto mochtar/Advetorial)

About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 3027 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini