Menu MENU
Home » Politik dan Pemerintahan » Cuaca Tak Menentu,Dinkes Talaud Ingatkan Warga Waspada Akan Penyakit

Cuaca Tak Menentu,Dinkes Talaud Ingatkan Warga Waspada Akan Penyakit

(224 Views) February 1, 2017 2:10 pm | Published by | No comment

Melonguane,LIDIK – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud,  dr Kerry Monangin melalui Sekretaris Dinas dr Jurry Ektivianus Jawali, mengimbau masyarakat tanah Porodisa agar mewaspadai timbulnya berbagai macam penyakit akibat cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini.

“Sekarang cuaca tidak menentu, terkadang pada pagi hingga menjelang siang cuaca terasa cukup panas, namun pada siang ataupun sore terjadi hujan deras. Kondisi seperti inilah sangat rawan menimbulkan gangguan kesehatan. Karena itu, kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada kemungkinan terserang penyakit,” kata Jawali, Rabu (1/2/2017).

Jawali mengungkapkan, berbagai jenis penyakit yang timbul akibat cuaca yang tidak menentu di antaranya Diare, Batuk, Pilek, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Infeksi Saluran Pernapasan.

Sekretaris Dinkes yang juga mantan Direktur RSUD Talaud itu mengatakan, masyrakat tidak perlu khawatir atau panik, karena kelima penyakit itu dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

“Contoh, jangan biarkan ada genangan air di dalam barang-barang bekas karena berpotensi terhadap perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk demam berdarah. Kemudian, masak air sampai mendidih sebelum dikonsumsi agar tidak menimbulkan Diare. Selain itu, masyarakat diminta tetap menjaga daya tahan tubuh dengan cara rajin berolah raga,” jelas Jawali. 

Ia berharap, jika ada  warga masyarakat saat ini mengalami gangguan kesehatan segera memeriksakan diri atau berobat ke puskesmas terdekat.

“Jika ada anggota keluarga yang merasa kurang sehat langsung periksakan diri ke puskesmas, jangan menunda-nunda  penyakitnya,”  harap Jawali.

(R87)

Tidak ada komentar untuk Cuaca Tak Menentu,Dinkes Talaud Ingatkan Warga Waspada Akan Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *