Menu MENU
Home » BMR » Diduga Abaikan K3, LSM Desak Pemerintah Tutup PT. J Resources Bol Mong

Diduga Abaikan K3, LSM Desak Pemerintah Tutup PT. J Resources Bol Mong

(523 Views) May 26, 2017 4:02 am | Published by | No comment

Bolmong-LIDIK​, Sikap pihak PT. J Resources Bol Mong yang melakukan Pemutusan hubungan kerja secara sepihak, terhadap karyawannya​ yang bernama Muklis Usulu, terus mendapatkan sorotan lembaga swadaya masyarakat yang prihatin dengan kondisi Muhlis dan keluarganya.

Direktur intelijen lembaga anti korupsi Republik Indonesia, Andi J. Riyadi, dalam press release mengatakan “pemutusan hubungan kerja ini merupakan tanda awas bagi para karyawan PT J. Resources Bol Mong dan pemerintah, kami menilai  pihak PT. JRBM terlalu dini mengambil tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan karyawannya”.

“Sebagai perusahaan yang memiliki nama sebesar PT J. Resources yang berstatus multinasional, harusnya menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk menjalankan aturan-aturan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah, bukan justru sebaliknya.” Lanjut Andi

“Dugaan kami pihak PT J Resources Bol Mong telah mengangkangi aturan tentang Kesehatan dan keselamatan kerja sebagaimana amanat Undang-Undang terkait ketenagakerjaan, sebab karyawan yang di PHK tersebut dalam keadaan sakit, harusnya dilindungi dan diberikan hak-hak yang sudah di atur oleh pemerintah, jangan justru ditelantarkan, dalam aturan tentang ketenagakerjaan sudah jelas bahwa selain karyawan yang bersangkutan, pihak perusahaan juga harus memberikan hak-hak keluarga yang jadi tanggung jawab bersangkutan, tapi kenyataannya jangan haknya, biaya pengobatan Muhlis Usulu justru dari kantong sendiri” kata Andi.

“Kami jadi ragu dengan posisi pihak PT J Resources Bol Mong dalam hal perlindungan terhadap karyawan terutama tenaga kerja lokal, dan kami mendesak pemerintah propinsi Sulawesi Utara jangan hanya diam, segera koordinasi dengan pemerintah pusat untuk memberikan sanksi berat berupa penutupan kegiatan kepada pihak PT J Resources Bol Mong” tutup Andi. (Didi)

Tidak ada komentar untuk Diduga Abaikan K3, LSM Desak Pemerintah Tutup PT. J Resources Bol Mong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *