Hebat Kejari Tomohon Tetapkan Tersangka & Penjarakan Koruptor Inisial NK



Bagikan Berita ini!

Tomohon – LIDIK – Pemerintahan Walikota Jimmy F Eman SE AK tercoreng lagi dengan kaus korupsi.

Setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon menyeret salah satu ASN di Dinas Keuangan berinisial JI sebagai terdakwa dan kini telah dijebloskan ke penjara, kini lembaga hukum yang dipimpin Kajari Mohammad Noor SH MH kembali menetapkan oknum Pengacara Hukum dari terdakwa JI dengan inisial NK sebagai tersangka dengan tuduhan pasal menghalang-halangi penyidikan kasus korupsi pengadaan komputer dan aplikasianya pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah Pemkot Tomohon Tahun 2013.

NK sendiri setelah diperiksa selama 8 jam pada Selasa (30/05/2017) oleh penyidik Kejari Tomohon, langsung dikenakkan rompi orange dan digiring ke mobil tahanan Kejaksaan, dikawal polisi langsung dikirim ke Rutan Malendeng pada Selasa sore.

Saat diburu wartawan, ada pernyataan menarik yang disampaikan NK. Dirinya menyebut nama Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Drs Harold Lolowang yang menyuruh dirinya selaku Pengacara terdakwa JI agar klien-nya jangan menandatangani Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

“Saat itu saya sebagai tim Kuasa Hukum OD (Olly Dondokambey -red) dipanggil pak Harold (Sekkot Tomohon-red) untuk berbicara soal kasus ini dan dia yang menyuruh saya agar klien saya jangan menandatangani BAP di Kejaksaan,” ujar NK dengan tenang sambil menebar senyum sebelum dirinya digiring masuk ke mobil tahanan.

Sementara itu Kajari Tomohon saat dikonfirmasi soal pernyataan NK ini mengatakan pihaknya akan bertindak profesional dan proposional dalam kasus ini.

” Siapa yang terlibat dalam kasus ini pasti ditindak. Soal nama Harold Lolowang yang disebut oleh tersangka NK nanti akan dibuktikan di persidangan karena nantinya Pak Lolowang akan dipanggil untuk bersaksi di Pengadilan nanti,” tegas Noor.

Baca juga:   Ahmad Dhani Akhirnya Diringkus Polisi di Hotel San Pasifi

Dalam penetapan tersangka NK, Noor menegaskan sudah dikaji matang dengan melibatkan dua Pakar Hukum dari Universitas Negeri Manado (Unima) dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

“Kami pun kemarin sudah berkonsultasi dengan Kejati Sulut dan sudah mengekspos kasus ini di Kejati. Jadi kemungkinan bisa ada tersangka baru dalam kasus ini,” tegas Noor seraya mengatakan pihaknya akan fokus pada proses hukum ini sekaligus kemungkinan Pra Peradilan yang akan ditempuh tersangka NK.

Kasus ini sendiri bermula pada kasus korupsi pengadaan komputer dan aplikasianya pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah Pemkot Tomohon Tahun 2013 yang telah menjerat oknum PPK Jerry  Item alias JT yang sudah di putus bersalah yang merugikan keuangan negara sekitar Rp. 511.202.755 juta dari total anggaran Rp. 1.704.192.500,- yang bersumber dari APBD Kota Tomohon Tahun 2013.

Dalam kasus ini Sekkot Harold Lolowang bertindak sebagai Penguasa Anggaran alias Kepala Dinas. Saat itu Lolowang disebut- sebut bakal terseret pada kasus korupsi ini. Namun dirinya lolos karena hanya dimintai keterangan sebagai saksi dan akhirnya dipilih Walikota Jimmy Eman sebagai Sekkot pada awal 2017. ( csn/mar)

About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 2998 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini