Hendra Jacob Yakini ” Moha Siahaan ” Bisa Bebas Pada Tingkat Banding & Kasasi

Bagikan Berita ini!

LIDIK.NET – MANADO – Terkait kasus dugaan korupsi mantan Bupati Bolmong Marlina Moha Siahaan yang dikabarkan tidak lagi berada di rutan malendeng membuat publik bertanya tanya.mengapa seseorang yang sudah ditahan bisa tidak berada di dalam penjara saat ini malah ikut acara partai di jakarta.

Hal ini menggugah hati seorang Hendra Jacob, menurutnya hal ini perlu dijelaskan kepada publik bahwa Marlina Moha Siahaan ditahan berdasarkan Vonis hakim dan ketika kuasa hukumnya mengajukan banding maka vonisnya itu belum memiliki kekuatan tetap atau inchrah. Maka yang bersangkutan harus dikeluarkan sambil menunggu putusan bandingnya hingga kasasinya yang berkekuatan hukum tetap. Ketusnya.

Sebelum dikeluarkan dari Rutan Kuasa hukum MMSkan telah menyatakan banding dengan akta permintaan banding terhadap putusan perkara bernomor: 49/Pid.Sus-TPK/2016. tentunya pada memori banding itu dijelaskan secara detail alasan alasan tidak menerima akan putusan hakim pengadilan tingkat pertama dengan kajian yuridisnya serta bukti bukti otentik surat lainya maka belum bisa dikatakan inchrah. Imbuhnya.

Menurutnya lagi, Perkara yang melibatkan MMS ini memang tergolong aneh proses hukumnya. Karena terkait dengan dana Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintahan Desa (TPA-PD) tahun 2010 itu terhitung sudah diproses hukum sejak tahun 2013. Beberapa orang telah dijatuhi hukuman penjara dan sudah selesai menjalaninya. Sedang kasus yang melibatkan MMS terpantau mengalami banyak tahap pasang dan surut.

Pada tahun 2016, tercata sudah keluar putusan sela atas kasus ini, ‘’Dakwaan atas kasus ini sudah dinyatakan batal demi hukum’’ begitu seperti lansiran pada situs Memori Putusan Mahkamah Agung. Kala itu, putusan itu membebaskan MMS.

Tetapi, pasca pembatalan itu dalam putusan sela itu, kasus MMS ternyata masih lagi diajukan lagi ke pengadilan. hal ini yang membuat sejumlah masyarakat bertanya tanya. Imbuhnya.

Baca juga:   Kasus Dugaan Korupsi Marlina Moha Siahaan Jadi Pimpong Politik. DI Duga Ada Pemain Wayang

Kami mensinyalir adanya kepentingan politik terkait penanganan kasus bunda mms ini, ‘’Pola yang kami lihat, biasanya kalau ada ajang politik lokal atau nasional, maka kasus dri politisi Golkar yang sangat berpengaruh di Bolmong ini dibuka kembali,’’ saya ingat awal dibuka kembali kasus MMS ini saat hendak mau pilkada Bolaang Mongondow. Kata hendra jacob.

Sangat disayangkan jika penangana perkara dibarengi dengan kepentingan politik para oknum ” ini dugaan saya semoga tidak seperti itu ” Tukas manatan polisi yang dipecat gara gara kasus BNI gate 2015 silam.

Sedikit banyaknya saya tau akan kasus itu dan saya memiliki keyakinan bahwa ibu Marlina Moha siahaan alias Bunda MMS Bisa diputus bebas oleh Majelus hakim pengadilan tinggi nantinya.
” alasan saya yakin MMS akan bebas antara lain, kasus ini sudah pernah mendapatkan putusan sela, pada materi pokok perkara dugaan korupsinya sudah di proses tahun 2013 silam, sudah ada beberapa orang yang telah dihukum dan yang terkahir adalah akan ada kemungkinan pihak majelis hakim dapat membaca kasus ini ada muatan politiknya sehingga akan dianggap tidak ver penangananya. Tambahnya.

pada 19 Juli 2017 sudang putusan dilaksanakan di pengadilan negeri manado MMS divonis 5 tahun penjara oleh majelis hakim dibawah pimpinan Sugiyanto SH

Sore itu juga Bunda yang melahirkan empat kabupaten dan satu kota di bolmong raya ini langsung digelandang ke rutan kelas IIA Manado di Malendeng untuk menjalani vonis hukuman.

Para simpatisan Bunda MMS menyarankan beliau untuk mengajukan banding, selain itu bentuk keprihatinan masyarakat dan juga bukti mereka masih menyayangi bunda MMS, mereka melakukan aksi pengumpulan koin di jalanan guna mensuport bunda pembaharu bumi totabuan itu.

Baca juga:   Kalbar Marak Ilegal Loging, Polisi Jangan Hanya Tangkap Masyarakat Yang Dipercayakan Cukong

Mereka senantiasa berharap dan selalu berdoa semoga keadilan akan berpihak pada Boki Kolano Molintak In Totabuan bunda MMS pada tingkat banding hingga kasasi kasus ini. ( didi musa )

 

 

 

About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 3021 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini