Ini Kata Komjen Pol TITO Karnavian Terkait Teroris Poso Santoso/ Abu Warda

Bagikan Berita ini!

image

Jakarta – Lidik.Net – Keseriusan dalam mengejar teroris seperti Santoso tidak hanya diperlukan keserusian saja tanpa didukung peralatan yang baik  dan didukung perlatan yang mengunakan teknlogi yang canggih. Itu sebabnya , Santoso dijadikan sebagai simbol dalam perlawanan oleh Pengikutnya.  

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol  Tito Karnavian ditemui di Kompelks DPR RI, Rabu (13/4) 2016 mengatakan, sosok Santoso alias Abu Wardah yang konon sulit ditangkap sebenarnya bukanlah seorang ideolog.Ia adalah Pimpinan Majelis Indonesia Timur (MIT) yang berbais di Poso, Sulawesi Tengah itu hanya seorang yang pemberani dan nekat. Karena itulah Santoso dijadikan sebagai simbol perlawanan oleh pengikutnya.
“Persoalannnya, Santoso ditempatkan dalam simbol-simbol radikal ke pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu,  Tito menegaskan hal itu diketahui karena pada 2005 dirinya pernah menangkap salah satu pentolan teroris dari kelompok itu. Karenanya, penting bagi aparat keamanan untuk sesegera mungkin menangkap Santoso. 
Tapi belum tentu kalau ditangkap pun selesai,” tegasnya.

Sesuai pendalaman,  Tito menjelaskan tidak yakin jika Santoso juga mendatangkan para pengikut dari berbagai daerah, termasuk dari luar negeri.”Bukan dia yang atur datangnya kelompok-kelompok lain ke situ. Tapi ada jaringan sekitarnya yang mengatur perjalanan itu,” jelasnya.

Jadi, Tito merincinya sulitnya menangkap Santoso hanya karena kendala kondisi lapangan berupa gunung, perbukitan dan hutan yang dijadikan tempat persembunyian. Karenanya, ia meminta dukungan teknologi dalam pengejaran itu. Sebut saja pesawat tanpa awak atau drone.”Setelah mereka dikejar ke bawah mereka naik ke atas sehingga terpecah tiga kelompok. Persoalannya bukan apa-apa tapi medannya berat. Dengan adanya operasi sekarang sudah cukup baik, tapi akan lebih baik dengan difasilitasi oleh teknologi gunakan teknik infrared seperti drone,”rincinya.

Baca juga:   Gubernur Sulut Pastikan Ada Pelebaran Jalan Manado - Tomohon

About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 3079 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini