Ini penjelasan Dirjen Otda soal penonaktifan Bupati Talaud



Bagikan Berita ini!

Lidik.net, Manado – Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip (SWM) dinonaktifkan sementara dari jabatannya. Hal ini disebabkan pelanggaran terhadap Undang-Undang Pemerintahan Daerah.

“Jadi begini ya, Bupati Talaud itu dinonaktifkan karena melanggar Undang-Undang Pemerintahan Daerah. Iya melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa izin Mendagri sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018. Itu sekitar 20 hari,” ujar Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono saat dihubungi Lidik.net via sambungan seluler, Minggu (14/1) sore.

Kemendagri sendiri mengetahui jika SWM bepergian ke luar negeri tanpa izin berdasarkan laporan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. “Makanya Gubernurnya marah-marah,” lanjut Soni.

Sementara soal pernyataan SWM yang mengatakan akan tetap bertugas lantaran belum menerima langsung SK penonaktifan, mantan Plt Gubernur Sulut tersebut mengatakan hal itu bukan menjadi alasan.

“Begini, Talaud itu kan jauh jadi mungkin ada keterlambatan. Namun intinya bukan soal sudah diterima atau belum SK itu tapi ketika dikeluarkan ya itu sudah berlaku,” jelas dia lagi.

Menurut dia, ada juga beberapa kepala daerah yang ke luar negeri tanpa izin namun tak lama. “Ada yang hanya satu hari langsung kembali. Jadi bukan kita pilih kasih ya,” tandas dia. (Red)