Karinda: “Uang Komite Tanpa Aturan Regulasi Yang Jelas Dianggap Pungli”.



Bagikan Berita ini!

Foto:
Suasana Rapat Dengar Pendapat komisi IV DPRD Sulut,DIKDA Sulut dan beberapa kepala sekolah SMA-SMK.

LIDIK.NET, SULUT – Keseriusan komisi IV DPRD Sulut terhadap pendidikan di Bumi nyiur melambai di buktikan dengan mengundang Rapat Dengar Pendapat (RDP) beberapa Kepala Sekolah SMK dan SMA Negeri di Kota Manado terkait uang Komite sekolah, Kamis (18/01/18).

James Karinda ,SH,MH selaku Ketua Komisi IV DPRD Sulut mengatakan pungutan uang komite tanpa aturan regulasi yang jelas dianggap sebagai pungli. Jika pungutan uang komite kepada orang tua siswa menjadi tidak jelas ketika pertanggungjawabannya tidak transparan.

“Misalnya pungutan uang komite dengan angka tidak jelas menjadi kabur. Pungutan yang tidak masuk PAD bisa dikatakan pungli. Mestinya pungutan dijadikan pendapatan kemudian pengeluaran bukan mengalir begitu saja,” kata Karinda.

Karinda sejauh ini menilai Pemerintah pusat melalui Gubernur Olly Dondokambey sangat konsen dan peduli terhadap kemajuan pendidikan yang berkualitas di Sulawesi Utara.

“Perhatian besar tersebut terealisasi dalam bentuk kucuran dana BOS yang cukup besar. Namun karena masih banyak masyarakat miskin sepertinya dana tidak cukup. Untuk itu, Dibutuhkan pengelolaan dana BOS secara benar dan transparan agar pemanfaatannya dapat terukur,” tukasnya lagi.

Diketahui selain ketua komisi IV, Sekertaris Komisi IV Fanny Legoh dan anggota komisi Siska Mangindaan, Muslimah Mongilong turut mendampingi dalam rapat dengar pendapat dengan mitra kerja.

Hadir juga, Kepala Dinas Pendidikan Asiano Gemmy Kawatu,Kepala Bidang pendidikan SMK/SMA Arthur Tumipa serta 5 Kepala sekolah yakni SMAN 2 Manado Butje Runtu, Kepsek SMK Negeri 1 Manado Moody Lumintang, Kepsek SMAN 9 Manado Meidy Tungkagi, Kepsek SMAN 1 Manado Sherly Kalangi, Kepsek SMAN 7 Manado Grace Lowing. (Jeferson)

Baca juga:   Jokowi  Lantik Menteri  Baru
About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 2927 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini