KPK Bocorkan Bahwa AkanAda Tersangka Baru Pada Kasus e-KTP



Bagikan Berita ini!

LIDIK.NET – JAKARTA – Kasus korupsi e-KTP belum habis jika harus berakhir di terdakwa Setya Novanto. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode Muhammad Syarif, bahkan membocorkan adanya tersangka baru dalam kasus tersebut.

Bocoran informasi itu disebut Laode sebagai kado dari KPK untuk awak media yang sudah mendukung KPK selama ini.

“Saya tidak bisa menyebut potential suspect. Tapi sebagai hadiah ulang tahun, mungkin pihak swasta. Sudah ya itu saja,” kata Laode kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2017).

Padahal, awalnya Laode enggan menyebut siapa pihak yang akan menjadi tersangka baru dalam kasus korupsi e-KTP. Ia hanya mengatakan, proses penyidikan masih terus berjalan meski telah menyeret dan menjebloskan sejumlah pihak ke tahanan KPK.

“Proses penyidikan yang terkait e-KTP sedang berlanjut. Ada swasta, ada penyelenggara negara, (penyelidikan) ini sedang berlanjut,” katanya.

Bahkan, Laode sempat mengumpamakan kasus korupsi e-KTP ini merupakan kasus lari jarak jauh atau marathon sehingga masih banyak yang harus dikerjakan oleh lembaga pimpinan Agus Rahardjo tersebut dalam menuntaskan kasus korupsi yang diduga merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

KPK sebelumnya pernah menyebut ada tiga cluster berbeda dalam kasus korupsi e-KTP. Tiga cluster tersebut ialah cluster pemerintahan yang telah diwakilkan oleh Irman dan Sugiharto yang saat itu menjabat sebagai pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kemudian, cluster kedua adalah swasta yang di dalamnya terdapat sejumlah nama pengusaha seperti Andi Narogong dan Anang Sugiana Sudihardjo.

Sementara yang terakhir ialah cluster pemegang kekuasaan atau dalam hal ini anggota DPR yang diisi oleh Ketua DPR RI nonaktif yaitu Setya Novanto. (Rajaya)

Baca juga:   Menanti Janji Jokowi Dalam Pemberantasan Korupsi Di Negeri Ini
About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 2925 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini