Menu MENU
Home » Peristiwa » MTs Negeri 1 Kotamobagu Pasang Tarif, Tidak Mampu Membayar 850 Ribu, Bayu Terpaksa Urung Sekolah

MTs Negeri 1 Kotamobagu Pasang Tarif, Tidak Mampu Membayar 850 Ribu, Bayu Terpaksa Urung Sekolah

(641 Views) July 17, 2017 9:47 pm | Published by | No comment

LIDIK-Kotamobagu,  Kejadian miris menimpa dunia pendidikan Kotamobagu. Disaat anak seusainya duduk belajar di sekolah, Bayu (nama samaran) warga Gogagoman, harus berdiam diri dalam rumah. Dalam usia yang seharusnya mengecap bangku sekolah, terpaksa harus rela untuk kehilangan kesempatan merasakan pendidikan di bangku sekolah lanjutan tingkat pertama.

 

Bayu yang ditemani oleh neneknya terpaksa harus menelan pil pahit dan pulang dengan kekecewaan yang sangat besar, pasalnya keinginan Bayu untuk sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotamobagu tahun ini harus diurungkan, akibat tidak mampu membayar permintaan sejumlah uang oleh pihak sekolah. Kewajiban yang disodorkan dalam bentuk potongan kertas HVS putih berisikan item-item yang harus dibayarkan yang jika di total mencapai 850 ribu rupiah.

 

Dalam catatan yang disodorkan oleh salah satu panitia penerimaan murid baru MTs Negeri 1 Kotamobagu, diberi judul Rincian Anggaran Pendaftaran Kembali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menguraikan 10 jenis barang dalam daftar pembayaran yang harganya juga terindikasi sudah di mark up oleh pihak MTs Negeri 1 Kotamobagu.

 

“Saya sudah minta keringanan untuk membayar dengan cara mencicil atas permintaan pihak sekolah, karena ini menjelang Lebaran, ditambah lagi orang tua kandung Bayu sementara berusaha untuk mengumpulkan uang sekolah untuk Bayu dan adiknya, tapi permintaan saya ditolak, begitu juga ketika saya sampaikan jika boleh seragam pramuka dibeli di toko, mereka juga tidak merespon padahal harga seragam pramuka di MTs Negeri  1 Kotamobagu sangat jauh berbeda jika calon siswa membeli langsung di toko,” kata nenek Bayu yang mendampingi cucu kesayangannya pada saat mendaftar.

 

Saat awak lidik.net mengunjungi MTs Negeri 1 Kotamobagu, Senin (17 /7) nampak di salah satu ruangan aula sekolah sedang berlangsung masa orientasi sekolah dan diluar ruangan aula sesekali nampak beberapa siswa yang menengok keluar halaman, tidak mengikuti masa orientasi sekolah yang sementara berjalan.

 

Ketika wartawan lidik.net mewawancarai para siswa mereka mengaku masih belum tau status mereka apa diterima atau tidak. “Kita sementara ada tunggu pa papa, ibu guru bilang kalu nda bayar biaya pendaftaran nda dapa trima disini”  kata siswa-siswa hampir serempak dalam dialek Manado. (Didi)

Categorised in:

Tidak ada komentar untuk MTs Negeri 1 Kotamobagu Pasang Tarif, Tidak Mampu Membayar 850 Ribu, Bayu Terpaksa Urung Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *