Panwas Minsel Lakukan Kajian, Kecamatan Ranoyapo Potensi Pindah Ke Dapil I



Bagikan Berita ini!

Lidik.net, Amurang – Kecamatan Ranoyapo yang dulunya masuk dalam daerah pemilihan (Dapil) II bersama kecamatan Motoling, Motoling Timur, Motoling Barat dan Kumelembuai, berpotensi pindah ke daerah pemilihan (Dapil) I yakni, Modoinding, Tompasobaru dan Maesaan.

Dikatakan Kordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Minsel Franny Sengkey SE, saat ini Panwas Minsel sementara melakukan kajian perubahan dapil. Dan dapil yang jadi sasaran dilakukan perubahan adalah wilayah dapil I yang berdasarkan pemilu 2014 berjumlah 5 kursi dan dapil II berjumlah 7 kursi.

Menurut Sengkey, bahwa Kecamatan Ranoyapo sangat berpotensi dan memenuhi syarat di gabungkan dengan dapil I yakni Modinding Maesaan dan Tompasobaru dengan memperhatikan aspek geografis, budaya dan histori.

Dikatakannya lagi, pada pemilu 2004 lalu, Kecamatan Ranoyapo masuk dapil I sehingga dapil I mendapatkan alokasi 7 kursi. Ini dianggap sebagai pertimbangan aspek histori. Kemudian dari sisi geografis, sangat memenuhi syarat sebab Kecamatan Ranoyapo berdekatan dengan kecamatan Tompasobaru. Begitu juga nilai budaya semua sangat mendukung. “Panwas sementara melakukan kajian untuk perubahan dapil ini dan memungkinan Ranoyapo ditarik kembali ke Dapil I,” ujar Sengkey.

(anto)

Baca juga:   Pemkab Minsel Sukses Gelar HUT ke-15
About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 2927 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini