Pasiak : “Setiap Mata Pelajaran Wajib Mengintegrasikan Pendidikan Karakter”



Bagikan Berita ini!

Melonguane,LIDIK – Pada Rapat Kerja Cabang Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, bersama pengawas dan satuan pendidikan menengah SMA, SMK dan SLB se – Kabupaten Kepulauan Talaud yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Talaud, Jumat (11/8).

Kepala Cabang Dinas, Danes Sumolang melalui Kasubag Tata Usaha, Sri Ratna Pasiak yang didaulat membawakan materi peningkatan mutu pendidikan di sekolah melalui budaya sekolah dengan konsep pendidikan karakter dari 18 nilai karakter bangsa yang harus disetiap satuan pendidikan. Hal ini dipaparkan pasiak dihadapan 49 orang kepala dan wakil kepala sekolah jenjang pendidikan menengah yang ada di Talaud.

Menurutnya tenaga pendidik bukan hanya  mencetak generasi yang pintar, tetapi bagaimana menghasilkan anak  didik yang pintar dan baik, yang membanggakan dari spesifik afektif dan kognitif.

“Ada tiga domain pendidikan karakter di sekolah, yakni pendidikan karakter yang terintegrasi ke setiap mata pelajaran, ekstrakurikuler dan kebiasaan sekolah.  Jadi setiap mata pelajaran wajib mengintegrasikan pendidikan karakter, dan bukan hanya mata pelajaran dan agama,” jelas Pasiak.

Kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul)  juga dipandang penting, karena mengajarkan anak untuk mencintai kegiatan positif, dibanding pergi ke suatu tempat dan melakukan kegiatan tak bermanfaat seperti merokok dan mabuk atau pergaulan bebas lainnya.

“Pendidikan karakter yang didapat lewat ekskul diantaranya, kerjasama dan kekompakan, rasa percaya diri dan disiplin. Terus, untuk domain ke tiga adalah kebiasaan di sekolah , dan ini pernah saya terapkan di  SMAN 1 Beo lewat kantin kejujuran,” ujar Mantan Kepsek sekaligus penggagas kantin kejujuran di Beo ini.

Diketahui, 18 nilai karakter bangsa terdiri dari, religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial  dan tanggung jawab.

(RK)

Baca juga:   Carnaval Baris Bergaya,Bupati SWM Turut Ambil Bagian
About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 2925 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini