Menu MENU
Home » Sitaro » Proyek Ipal Puskesmas Ulu Siau Berbau Korupsi, Kapolres Sangihe Diminta Ungkap Kontraktor Nakal

Proyek Ipal Puskesmas Ulu Siau Berbau Korupsi, Kapolres Sangihe Diminta Ungkap Kontraktor Nakal

(241 Views) August 24, 2017 1:23 am | Published by | No comment

LIDIK – Sitaro – Proyek pembuatan IPAL di puskesmas Ulu Siau di Siau Timur ini sangat mengecewakan masyarakat sebab pemerintah dalam hal ini panitia yang membidangi ini terkesan asal asalan memberikan proyek pada kontraktor sebagai pelakasana pekerjaan.

Jangan karena kontraktornya ini komitmen terhadap pembicaraan fee lantas panitia tidak melihat aspek lain terlebih aspek pertanggungjawabanya dalam pekerjaan yang di berikan. Buktinya proyek pembuatan IPAL di rumah sakit daerah Ulu siau ini terbengkelai dan tidak berfungsi. ” tukas iwan Tagulihi.”

Iwan Juga menambahkan bahwa Ia memohon kepada aparat penegak hukun baik kejasaan maupun kepolisian dapat melakukan penyelidikan proyek pembangunan IPAL rumah sakit ulu siau itu sebab diduga telah terjadi tindak pidana korupsi dalam proyek tersebut.

pemerintah harus tegas terhadap kontraktor kontraktor nakal di siau ini sebab mereka punya andil besar dalam menyengsatakan rakyat. Polisi jaksa juga jangan diam bagaikan rumput putri malu setelah mendapat sentuhan langsung melipat sayap menutup diri. Artinya pihak kepolisian dan kejaksaan harus tegas dalam memberantas para kontraktor nakal di siau tagulandang biaro ini demi peningkatan kesejahteraan rakyat dan demi kemajuan pembangunan di kabupaten ini. Tangkap dan penjarakan kontraktor nakal pada proyek Pembuatan Instalasi pembuangan limbah puskesmas ulu siau di siau Timur. Tegas Iwan.

Pentingnya IPAL bagi sebuah rumah sakit dapat dilihat dari Regulasi atau peraturan yang ada, yang diantaranya adalah Undang-undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, PP No.82/2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, UU 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit yaitu pada bagian ke empat pasal 11, Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 58 Th 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Rumah Sakit, Permenkes RI nomor: 340/ MENKES/PER/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit.

Karena tingkat resiko penularan penyakit yang dapat ditimbulkannya maka air limbah rumah sakit juga tergolong limbah B3 maka wajib mengikuti aturan pada PP 18/1999 Tentang: Pengelolaan Limbah B3 dimana Pasal 3 berbunyi: Setiap orang yang melakukan usaha dan/ atau kegiatan yang menghasilkan limbah B3 dilarang membuang limbah yang dihasilkannya itu secara langsung ke dalam media lingkungan hidup tanpa pengelolaan terlebih dahulu.

Nah berdasarkan regulasi yang sudah jelas ini maka sangat pentingnya Pembangunan Izin Pembuangan limbah puskesmas ulu siau di siau timur ini. Namun kontraktornya di duga tidak becus. Harus ada penindakan terhadap para kontraktor pelaksana pekerjaan IPAL ini sehingga ada efek jera bagi yang lain.

Pihak kepolisian resort sangihe ditantang untuk lakukan penyelidikan dugaan korupsi yang terjadi pada pekerjaan ipal di puskesmas ulu siau. ” saya tantang kapolres sangihe untuk dapat melakukan penyelidikan dan bahkan penyidikan terhadap dugaan korupsi proyek ipal di puskesmas ulu siau. Tukas sumber mengharapkan aparat kepolisian dapat merespon informasinya terkait dugaan korupsi pada proyek Ipal puskesmas ulu siau. ( red )

Tidak ada komentar untuk Proyek Ipal Puskesmas Ulu Siau Berbau Korupsi, Kapolres Sangihe Diminta Ungkap Kontraktor Nakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *