Menu MENU
Home » Talaud » Ratun Taloda Pimpin upacara HUT Talaud Ke 14

Ratun Taloda Pimpin upacara HUT Talaud Ke 14

(170 Views) July 2, 2016 2:11 am | Published by | No comment

image

image

Bupati SWM Saat memimpin upacara memperingati Hut Kab Talaud Ke 14

Melonguane – Ratun Taloda pimpin upacara Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Kepulauan Talaud Ke 14 bertempat di lapangan sangkundiman Melonguane 2 Juli 2016.

Upacara untuk  memperingati HUT ke- 14 Kabupaten Kepulauan dilaksanakan dengan upacara adat porodisa dengan di hadiri  unsur Forkopimda, jajaran pemerintahan, tokoh adat, tokoh agama dan elemen Talaud lainnya.

Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip bertindak Sebagai Marambe Sinangian Ratun Taloda,

image

SWM memotong Baa,a dan Pua Manggorongan

Upacara adat diisi dengan pemotongan ‘Baa,a’ dan ‘Pua Manggorongan dan pembagian oleh Marambe Sinangian Ratun Taloda, pemimpin negeri Porodisa sebagai bentuk pelayanan dan kasih sayang pemimpin kepada seluruh masyarakat yang ada di Tanah Porodisa  yang diwakilkan dari pemerintah, tua adat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat

Pemotongan simbol adat Baa,a dan pua Manggorongan merupakan adat warisan nenek moyang yang di turunkan turun temurun kepada  masyarakat Talaud setiap acara tahunan.

Upacara ini mempunyai makna khusus dimana seorang pemimpin tanah porodisa itu harus melayani masyarakatnya tidak untuk di layani. ( Kiki )

Categorised in:

Tidak ada komentar untuk Ratun Taloda Pimpin upacara HUT Talaud Ke 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *