Menu MENU
Home » Minahasa Selatan » Rutan Cabang Amurang Usulkan 114 Remisi Warga Binaan

Rutan Cabang Amurang Usulkan 114 Remisi Warga Binaan

(173 Views) August 12, 2016 7:36 am | Published by | No comment

image

FOTO: Kepala Rutan Amurang, Marulye Simbolon, SH

LIDIK.Net, Amurang – Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke-71 tahun 2016, menjadi kebiasaan Rutan Cabang Amurang akan mengusulkan remisi tahanan. Usulan diatas juga sesuai PP No.174 tahun 1999 tentang Pemberian Remisi, UU No.12 tahun 2005 tentang Pemasyarakatan dan PP No.99 tahun 2013 tentang Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan.

Kepala Cabang Rutan Amurang, Marulye Simbolon, SH membenarkan. ‘’Ya, dalam rangka 17 Agustus, setiap tahun pihaknya mengusulkan remisi tahanan ke Kemenkum dan HAM RI di Jakarta,’’ujar Simbolon.

Lanjut kata Simbolon, bahwa pengusulan remisi berjumlah 114 warga binaan. ‘’Terdiri, 5 bulan untuk 4 orang. 4 bulan untuk 14 orang (tahanan). 3 bulan untuk 26 orang, 2 bulan untuk 36 tahanan dan 1 bulan untuk 34 orang,’’ucapnya.

Dikatakan Simbolon yang baru selesai cuti operasi menjelaskan, bahwa usulan remisi Rutan Amurang memastikan akan dijawab sebelum hari H. ‘’Maksudnya, sudah menjadi kebiasaan, sekira tanggal 15 Agustus informasi remisi tersebut sudah didapat. Sebab, setiap tanggal 17 Agustus, pukul 06.00 Wita digelar upacara remisi. Bahkan, upacara remisi dengan Inspektur Upacara (Irup) diwajibkan kepala daerah atau wakil kepala daerah,’’katanya.
Ditambahkannya, bahwa remisi tersebut tidak termasuk tahanan korupsi atau narkoba. Sebab, khusus kedua item diatas belum ada petunjuk resmi oleh Kemenkum dan HAM RI.

‘’Tetapi, khusus tahanan korupsi masih menunggu petunjuk. Sedangkan, tahanan narkoba, tidak lagi berada di Rutan Amurang. Namun, tahanan narkoba telah dikirim ke Kotamobagu dan Manado. Sedangkan, tahanan kasus pembunuhan juga telah dititip ke LP Manado,’’tegasnya.
Simbolon juga menyebut, khusus 114 tahanan yang diusulkan mendapat remisi. Berharap, kiranya bila SK-nya turun, dapat kiranya melakukan instropeksi diri.

‘’Memang diakuinya, bahwa mereka (tahanan, red) wajib mendapat remisi. Sebab, hal diatas sudah sesuai aturan yang berlaku,’’pungkasnya. (andries)

Categorised in:

Tidak ada komentar untuk Rutan Cabang Amurang Usulkan 114 Remisi Warga Binaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *