SWM : “Kades Harus Patuhi Aturan Dalam Menggunakan Dana Desa”

Bagikan Berita ini!

fb_img_1482968572331

Melonguane,Lidik.net – Bupati Sri Wahyumi Manalip (SWM) terus menghimbau warga Talaud agar tetap menjaga kebersamaan dan kerukunan setelah merayakan hari Natal 2016 dan menyambut Tahun Baru 2017.

Khusus untuk kepala desa, dalam setiap kunjungan SWM mengingatkan agar membangun kepemimpinan yang melibatkan peran serta masyarakat, termasuk dalam hal pemanfaatan dana desa.

Sebab di tahun 2017, SWM menyebutkan, kucuran dana desa (Dandes) di Talaud cukup besar. Masing-masing desa akan mendapat Rp 1,2 Milyar. Dana desa, benar-benar dapat dimanfaatkan untuk membangun masyarakat supaya perekonomian semakin meningkat.

“Kades harus patuhi aturan dalam menggunakan dana desa. Apalagi di tahun 2017 dana desa akan naik hingga 1,2 miliar per desa. Jadi, jangan sampai ada kades yang masuk penjara karena salah gunakan dandes,”kata SWM.

Agar kepala desa dapat memanfatkan dana desa sebaik-baiknya, SWM tidak hanya mendorong masyarakat untuk ikut berperan memantau. SWM mengimbau petua adat di Talaud agar bisa menjalankan fungsi kontrol di desa masing-masing demi suksesnya program pemerintah untuk mencapai Talaud maju.

“Bagi petua adat agar tetap menjadi fungsi kontrol terhadap kinerja kepala desa Sehingga program yang mereka jalankan benar-benar bisa mensejahterahkan masyarakat,” tandas SWM.

Sawensi Maarial, Ratu Tampan’amma dari Desa Dapihe, mengatakan adat dapat berfungsi menjadi pengontrol, termasuk mengontrol kinerja pemerintah desa.

“Sampai hari ini, adat masih di junjung oleh seluruh masyarakat Talaud. Oleh karenanya, adat dapat menjadi pengontrol kinerja pemerintah desa,” katanya.

(Force)

Baca juga:   PSI Jual Grace Natalis Untuk Senayan, Pengamat, Partai Ini Tak bisa Bersaing
About admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli 3022 Articles
LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini