Menu MENU
Home » BMR » Ternyata PT. CONCH Tak Miliki Izin, Kapolda Harus Cabut Status Tersangka Yasti Soepredjo

Ternyata PT. CONCH Tak Miliki Izin, Kapolda Harus Cabut Status Tersangka Yasti Soepredjo

(802 Views) November 25, 2017 4:48 pm | Published by | No comment

LIDIK.NET – BOLMONG – Investasi memang sangat penting dalam memajukan suatu daerah, Korporasi korporasi asing tidak sedikit yang ingin menanamkan modalnya di indonesia.

Seperti yang terjadi di kabupaten bolaang mongondow, dimana diwilayah tersebut berdiri sebuah perusahan asing milik china yakni perusahaan cement PT.CONCH.

Untuk diketahui PT.CONCH ini adalah perusahaan asal negeri tirai bambu yang sempat membuat keresahan di bolaang mongondow. Beberapa waktu yang lalu Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo ditetapkan tersangka oleh Polda Sulut Karena memerintah satuan polisi paming prajanya untuk membongkar
Beberapa bangunan yang berada di areal PT.CONCH yang tak mengantongi ijin.

Sesuai dengan persyaratan Undang-undang, sebelum memiliki Izin Usaha Pertambangan Ekplorasi dan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi, sebuah badan usaha harusnya memiliki terlebih dahulu WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan) yang ditandatangani oleh Gubernur.

Undang-undang Minerba, secara tegas mengatur aktivitas apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebuah badan usaha sesuai dengan izin yang dikantongi.

Seperti IUP Eksplorasi, sebuah badan usaha hanya diperbolehkan melakukan aktivitas penyelidikan umum, ekplorasi, analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan studi kelayakan.

Nah perizinan yang dimaksudkan sebagai legalitas dari sebuah perusahaan hingga saat ini belum juga dapat ditunjukan oleh pihak PT.conch. harusnya apapun alasanya perusahaan ini belum bisa melakukan aktifitasnya.

Siapa sebenarnya orang besar dibalik PT.CONCH dan PT. SULENCO ini ? Sehingga perusahaan ini dapat terus beraktifitas meskipun tak di lengkapi perizinan ? dan sungguh hebat jaringan mereka sehingga bupati bolaang mongondow di tetapkan tersangka oleh polda sulut dengan tuduhan pasal pengrusakan.

Steven Putra bolmong raya yang juga Aktifis itu meminta kepada pihak pemerintah provinsi untuk segera menghentikan kegiatan di PT.CONCH. jangan karena ini perusahaan besar seenaknya beroperasi meskipun tanpa ijin. Pihak polda sulut segera mencabut status tersangka dari bupati bolaang mongondow dan Kapolda sulut Irjen Pol. Bambang Waskito segera meminta maaf kepada rakyat bolaang mongondow sebab ternyata apa yang dilakukan oleh Bupati itu merupakan langkah penertiban bangunan liar yang tidak memiliki izin. Mana bisa seorang pejabat kepala daerah yang menertibkan bangunan tanpa ijin dijadikan tersangka ? Kalau begitu ahok saat menertibkan beberpa bangunan liar di jakarta bisa jadi tersangka pengrusakan dong ? Ujar steven.

Dikatakanya lagi, Polisi harus mencari benang merahnya problem di PT.CONCH ini sebab kami curiga yang bermain semua ini bukan PT.CONCH tapi PT Sulenco nah, Pihak polda sulut harus telusuri ini cek rekam jejak dari PT Sulenco ini. tidak menutup kemungkinan kesalahan ini bukan ada pada PT conch melainkan di PT.Sulenco. tambahnya. (Popal)

Tidak ada komentar untuk Ternyata PT. CONCH Tak Miliki Izin, Kapolda Harus Cabut Status Tersangka Yasti Soepredjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *