Menu MENU
Home » Deprov Sulut » Tuuk Berharap Permasalahan Warga Bolangat dan Pihak KKI Diselesaikan Secepatnya oleh Pemprov Sulut

Tuuk Berharap Permasalahan Warga Bolangat dan Pihak KKI Diselesaikan Secepatnya oleh Pemprov Sulut

(98 Views) July 19, 2017 6:04 pm | Published by | No comment

LIDIK Deprov – Irigasi yang berada di desa Bolangat Timur, Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow tersebut rusak karena adanya aktifitas PT. Karunia Kasih Indah (KKI). Perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit, seperti disampaikan Anggota Dewan Sulut, James Tuuk saat rapat pembahasan Komisi I dengan Pihak Pemprov Sulut, dalam hal ini Sekretaris Pemprov Sulut, Edwin Silangen, Selasa (18/07).

Seperti diketahui pembuatan irigasi tersebut menggunakan uang negara sejak tahun 2015 dengan anggaran 3,4 M, serta pada tahun 2016 anggaran mencapai 9,6 M, semua itu diperuntukan untuk mengairi sawah milik warga.

Disisi lain pula Tuuk menjelaskan, lahan HGU yang di klaim oleh Perusahan KKI untuk dijadikan perkebunan sawit agar bisa dikembalikan kepada warga, sebab lahan sawah itu adalah salah satu sumber mata pencarian dan penunjang kehidupan warga. Dengan harapan Pihak Pemerintah Sulawesi Utara dapat menyelesaikan permasalahan ini.

” Ini jangan dibiarkan, sebab irigasi ini dibuat dengan anggaran yang besar, sawah juga adalah salah satu sumber mata pencarian warga untuk menunjang kehidupan mereka, diharapkan pihak Pemerintah harus menangani permasalahan ini dengan serius,” ungkap Tuuk

Menanggapi akan hal itu, Sekprov Sulut, Edwin Silangen mengatakan, nantinya Pemerintah akan memanggil pihak perusahan dan warga untuk mengadakan hearing dalam waktu dekat ini.

Diketahui rapat pembahasan komisi Komisi I dengan mitra kerjanya yakni, Pihak Sekertaris Provinsi Sulawesi Utara, Edwin Silangen, Ketua Komisi I, Ferdinand Mewengkang, Serta anggota, Decky Palinggi, James Tuuk, Netty Pantouw, Denni Sumolang serta Arfan.

(antomochtar)

Categorised in:

Tidak ada komentar untuk Tuuk Berharap Permasalahan Warga Bolangat dan Pihak KKI Diselesaikan Secepatnya oleh Pemprov Sulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *