Usut Tuntas Korupsi E-KTP, KPK Panggil Ulang



Bagikan Berita ini!

LIDIK.NET – Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi akan memanggil dua anak terdakwa kasus dugaan korupsi Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Setya Novanto yakni Reza Herwindo dan Dwina Michaela.

Dua anak Setnov akan diperiksa pekan ini sebagai saksi dari Direktur Utama PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharjo. Lembaga anti rasuah pun sudah mengirim surat kepada mereka untuk segera mendatangi Gedung KPK.

“Kita sudah mengirimkan surat panggilan terhadap Reza Herwindo dan Dwina Michaela agar bisa diperiksa Minggu ini,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung Merah Putih, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Namun Febri enggan membocorkan kapan Reza dan Dwina akan diperiksa penyidik KPK. Yang pasti, pemeriksaan bakal dilakukan pekan ini.

“Mereka direncanakan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ASS minggu ini,” ujarnya.

Pemeriksaan terhadap dua anak Setnov diperlukan guna menggali lebih dalam soal keterlibatan ayahnya dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

Kemudian, tambah Febri, KPK akan mendalami sejauh mana keterlibatan dan kepemilikan saham Reza dan Dwina dari perusahaan Murakabi dan PT Mondialindo Graha Perdana.

“Kita akan dalami bagaimana posisi kepemilikan saham murakabi dan mondialindo agar lebih clear, lebih lanjut, sejauh mana pengetahuan keduanya terkait perusahaan itu,” tandasnya.

Sebelumnya, lembaga anti rasuah sudah pernah memanggil kedua anak Setnov untuk diperiksa sebagai saksi tersangka Anang Sugiana Sudiharjo.

KPK memanggil Reza Herwindo pada Rabu (22/12/2017), namun yang bersangkutan mangkir tanpa alasan. Sedangkan, Dwina Michaela yang dipanggil keesokan harinya, Kamis (23/11/2017) pun turut mangkir dengan alasan salah alamat.

Padahal KPK sudah mengirim surat panggilan terhadap Dwina ke rumah Setya Novanto di Jalan Wijaya nomor 19 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, hal itu dianggap kesalahan oleh pihak Dwin, lantaran dia sudah menikah dan tidak tinggal di rumah orangtuanya. (krixom)