ASAL MULA NAMA TENGGARONG Kutai Kertanegara..!

ASAL MULA NAMA TENGGARONG Kutai Kertanegara..!
Spread the love

ASAL MUASAL NAMA TENGGARONG..!

Tenggarong merupakan sebuah kecamatan yang juga menjadi ibu kota dari Kabupaten Kutai Kartanegara sekaligus ibu kota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, kota yang dijuluki Kota Raja ini telah menjadi ibu kota Kesultanan sejak tahun 1782 loh.

Cikal bakal berdirinya Kota Tenggarong adalah sebuah daerah yang sebelumnya bernama Tepian Pandan yang telah dihuni oleh masyarakat Puak Kedang Lampong sejak tahun 1730.

Kemudian oleh Aji Imbut yang bergelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin memindahkan ibu kota kerajaan dari daerah Pamerangan ke Tepian Pandan dan mengganti namanya menjadi Tangga Arung, kemudian seiring berjalannya waktu, penyebutan Tangga Arung berubah menjadi Tenggarong hingga sampai saat ini.

Peninggalan bersejarah yang masih ada di Tenggarong adalah bangunan istana Kesultanan Kutai Kartanegara yang kini telah difungsikan menjadi Museum Mulawarman, kemudian ada Masjid Jami’ Hasanuddin yang menjadi masjid tertua di Kota Raja yang memiliki arsitektur unik perpaduan berbagai kebudayaan.

 

Baca juga:   Ternyata ED alias Eus, Tertangkap Tangan Saat Jadi Joki Ujian Paket C

admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli

LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini