Bupati Lahat buat terobosan, Masyarakat Cukup Tunjukan Ktp & KK Berobat

Bupati Lahat buat terobosan, Masyarakat Cukup Tunjukan Ktp & KK Berobat
Spread the love

Lahat – LIDIK.NET – Pemkab Lahat di Sumsel menyatakan warganya cukup menggunakan KTP dan KK ketika hendak berobat karena ditanggung langsung dari APBD. Kebijakan ini menyusul kenaikan iuran BPJS kesehatan.

Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM MBA membenarkan hal tersebut. Menurutnya, bagi masyarakat Lahat yang ingin berobat, saat ini cukup menggunakan KTP dan KK. Bahkan meskipun tidak menggunakan BPJS Kesehatan, bagi masyarakat yang terpaksa rawat jalan ke RSMH Palembang juga tetap bisa menggunakan KTP dan KK.

“Walau harus dirujuk ke Palembang, juga bisa. Nanti ada petugas yang kita tunjuk yang mengurusnya. Jadi nanti RS rujukan, langsung klaim ke Pemkab Lahat,” ujar Haryanto, Sabtu (4/1/2020).

Dari data Dinas Kesehatan Lahat, setidaknya tahun 2018 ada 168.385 jiwa terdaftar dalam BPJS Kesehatan. Tahun 2019 jumlah tersebut meningkat hingga 200 jiwa. Dengan biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 46 miliar. Angka tersebut dipastikan membengkak, jika program berobat gratis menggunakan BPJS Kesehatan.

“Kalau menggunakan KTP dan KK, cukup bagi yang sakit saja yang kita bayar. Kalau selama ini kan, warga yang sakit atau tidak, kita harus bayar iuran. Lebih baik uang tersebut kita gunakan untuk keperluan lain masyarakat,” ucap Haryanto.

Baca juga:   Istri Hermansyah Disebut Mantan PSK, Keluarga Naik Pitam

admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli

LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini