JEANE REY: SMP 1 MANADO PILIHAN TERBAIK Sesuai  Mutu  Pendidikan 

JEANE REY: SMP 1 MANADO PILIHAN TERBAIK Sesuai  Mutu  Pendidikan 
Spread the love

Sunting

LIDIK – MANADO , SMP Negeri (SMPN) 1 Manadoo,(sering juga disebut SPENSA)merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekolah Standar Nasional (SSN) yang sebelumnya berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang ada di Provinsi SULAWESI UTARA, Indonesia.sekolah ini juga merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama unggulan berstatus Negeri yang ada diProvinsi Sulawesi UtaraIndonesia.Di SMP Negeri 1 manado, terdapat sistem Pendidikan Berkarakter, selain anak murid yang cerdas, mereka juga harus memiliki Karakter yang baik.

Sejarah Berdirinya SekolahSunting

SMP Negeri 1 Manado adalah salah satu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama yang berstatus Negeri di Kota Madya Manado No. 3511/B III 1951 tanggal 1 – 7 – 1954 dan berlokasi di Jl. Hatta di belakang Komando Resort Militer 131 Santiago atau Jl. Sarapung dengan nama SMP 1 Manado.

Jumlah siswa pada waktu itu 150 orang, yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Pertama Bapak Th. S. Luntungan dibantu oleh delapan orang tenaga Edukatif masing-masing :

1. Bapak P. M. C. Laoh (Wakil Kepala Sekolah)

2. Nona E. Lalamentik

3. Bapak Pendeta Kawengian

4. Bapak C. Komaling

5. Bapak R. Darwis

6. Bapak Roeroe

7. Nona Oei Giok Thie dan

8. Nona Tan Kiem Nio

dilengkapi tenaga administrasi :

1. Bapak D. H. Marentek

2. Bapak G. J. Walewangko

Selanjutnya SMP 1 Manado setiap tahun maju seirama dengan perkembangan penduduk kota Manado. Hal ini mengakibatkan bertambahnya para siswa dan tenaga pendidik beserta staf administrasi.

Ditengah kegembiraan yang ada sehubungan dengan perkembangan positif dari sekolah tersebut, telah terjadi hal-hal yang sama sekali tidak diharapkan dan tidak disangka. Pada Tahun 1968 telah terjadi musibah yang menimpah keluarga besar SMP 1 Manado , yaitu musnahnya gedung dan segala isinya dimakan api. Oleh karena itu SMP 1 Negeri 1 Manado berpindah lokasi dan meminjam gedung SMA di Jl. Siswa selama lima tahun yakni dari Tahun 1969 – 1974.

Kemudian SMP 1 Manado diberikan tempat di kompleks SPG Negeri Manado di Jl. Sam Ratulangi, yang sekarang kedudukan Kantor Wilayah Prop. Sulut hingga tahun 1982 dan pindah lagi ke Jl. Ki Hajar Dewantoro yang sebelumnya ditempati oleh Kantor Wilayah Depdikbud Prop. Sulut.

Adapun keadaan gedung yang digunakan SMP 1 Manado saat itu tidak memadai jumlah ruang yang digunakan untuk proses belajar mengajar ada 16 ruang, satu ruangan Kantor, satu ruangan Guru, satu ruangan Perpustakaan, satu ruangan Laboratorium, satu ruangan Koperasi Siswa dan tiga ruangan kamar kecil.

Mulai tahun 1993, diadakan pembangunan untuk pengembangan sekolah dengan ruangan yang lebih memadai.

Wajah Baru SPENSASunting

Kepala sekolah saat ini yang menjabat adalah Ibu Jeane Ray S.Pd M.Pd,dengan wakil kepala sebagai berikut :

  • Wakil Kepala Sekolah umum: Drs.Salmon Calvyn Rosang,MM.
  • Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan: Wage Rudolf Jonly Makaliwe S,Pd.
  • Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum: Altje Altintje Rolos S,Pd.
  • Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat: Djoy Daniel Ondang S,Pd.
  • Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana Prasarana: Dortje Poceratu S,Pd dan
  • Wakil Kepala Sekolah bidang Manajemen Mutu: Dra.Masmiatin M,Pd.

Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMPN 1 Manado ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas VII sampai Kelas IX. Di SMP Negeri 1 Manado terdapat banyak kegiatan ekstrakulikuler yang bisa menunjang kegiatan siswa dan menyalurkan bakatnya antara lain kegiatan ekstrakurikuler Pramuka (diwajibkan bagi kelas 7 dan 8),PMR/palang merah remaja, paduan suara, tarian tradisional,dan lain-lain.

Ini terlihat dari banyaknya animo peserta didik yang mendaftar di sekolah kami, sehingga  kami harus berupaya memberikan  yang terbaik bagi para anak didik yang mendaftar serta berupaya menampung banyaknya anak didik yang nilainnya kebanyak baik sesuai standart mutu pendidikan kata kepala sekolah jaene rey kepada kami. 

Kamipun juga akhirnya menambahkan tambahan kelas dan siswa pada saat penerimaan siswa baru tahun 2016 ini yang begitu banyak mendaftar sesuai nilai yang baik dsn masih menempatkan distim mutu pendidiksn ysng baik katanya. ( nix)

Baca juga:   Wisata Sulut Makin Berkembang, Kerja Olly Tak Didukung Dinas Pariwisata

admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli

LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini