Saksi Akui & bersumpah serahkan uang 1 Milyar ke Bupati

Saksi Akui & bersumpah serahkan uang 1 Milyar ke Bupati
Spread the love

Lampung – LIDIK.NET – Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang kembali menggelar sidang kasus suap fee proyek Dinas PUPR Lampung Utara, Senin, Januari 2020. Kali ini, sebanyak enam saksi dihadirkan dalam sidang.

Keenam saksi yakni, Bupati nonaktif Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Raden Syahrial, Sri Widodo, Taufiq Hidayat, Syahrul Hanibal, dan Abdul Rahman.

Dalam sidang pertama yakni mendengarkan kesaksian Raden Syahril. Sementara lima saksi lainnya meninggalkan ruangan sidang atas permintaan dari Jaksa KPK. Dalam sidang itu jaksa KPK mempertanyakan hubungan saksi dengan Bupati nonaktif Lampung Utara.

“Ada hubungan keluarga, sejak saya menikah pada 1994. Sebab istri saya sepupuan dengan Agung Ilmu Mangkunegara,” kata Raden Syahril menjawab pertanyaan Jaksa KPK Taufik Ibnugroho.

Kemudian Taufik meminta kepada saksi Raden Syahril menjelaskan kedekatannya dengan Bupati nonaktif Agung Ilmu Mangkunegara.

“Beliau sebagai Bupati Lampung Utara sejak 2014. Berhubungan dekat dengan beliau sejak Juli 2019,” jawab Raden.

Saksi juga mengakui pernah diperintah Agung Ilmu untuk mengambil uang perencanaan proyek sebesar Rp1 miliar dari kadis PUPR Syahbuddin. Uang tersebut dibagi dua tahap untuk diberikan kepada Bupati nonaktif Agung Ilmu Mangkunegara.

“Pertama menyerahkan uang dari Syahbuddin sebesar Rp600 juta kepada bupati. Lalu yang kedua menyerahkan uang Rp400 juta, saat itu detik-detik OTT KPK pada Oktober 2019,” ungkapnya.

Baca juga:   Prof Romly Atmasasmita Bongkar Penyimpangan KPK Pada Hak Angket DPR

admin conect to Presiden Jokowi, Panglima TNI, Kapolri, Kajagung, KPK, BNN, Cyber Pungli

LIDIK.NET adalah media online yang tegas dalam mengungkap skandal korupsi di negeri ini