22.8 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Buy now

spot_img

Sekjen Desak Erdogan Stop Halangi Jalan Swedia Bergabung dengan NATO

Jakarta, CNN Indonesia — Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mendesak Turki untuk tidak menentang upaya Swedia yang ingin bergabung dengan aliansi┬áNATO.
“Keanggotaan akan membuat Swedia lebih aman, tetapi juga membuat NATO dan Turki lebih kuat,” kata Stoltenberg, usai bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di Istanbul.

Ia menambahkan, “Saya berharap untuk menyelesaikan aksesi Swedia secepat mungkin.”

Selama ini, Erdogan menuduh Swedia sebagai “surga bagi teroris”, terutama bagi para anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kelompok yang masuk daftar hitam Turki dan negara sekutu Barat.

Namun Stoltenberg menilai Swedia telah mengambil berbagai langkah yang signifikan untuk memenuhi kekhawatiran Turki.

“Ini termasuk mengubah konstitusi Swedia, mengakhiri embargo senjata, meningkatkan operasi kontra-terorisme termasuk terhadap PKK. Swedia telah memenuhi kewajibannya,” ujarnya seperti dikutip AFP.

Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, juga mengatakan Stockholm telah memenuhi “semua komitmen” untuk bergabung dengan NATO, dan mendesak Turki serta Hungaria untuk mengizinkan negaranya masuk ke dalam aliansi tersebut.

Ankara sangat tidak senang dengan protes anti-Turki dan anti-Erdogan yang terjadi di Stockholm beberapa waktu terakhir.

Dalam demonstrasi itu, muncul kampanye “No to NATO, No Erdogan Laws in Sweden”.

Januari lalu, aksi unjuk rasa akibat pembakaran salinan kitab suci Al Quran di Stockhol, memicu pembicaraan keanggotaan Swedia di NATO terhenti. Insiden itu memicu demonstrasi anti-Swedia di beberapa negara Muslim.

“Kami tahu Erdogan menonton ini dan dia sangat marah. Jadi kemungkinan besar kami akan mendapat tanggapan yang sama darinya dan menunda aksesi Swedia ke NATO,” kata juru bicara Alliance Against NATO, Tomas Pettersson, beberapa waktu lalu.

(dna)

 

Baca Juga  Komisi I Sentil Prabowo Ajukan Proposal Damai tapi Ditolak Ukraina

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,912FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles